Senin, 07 Februari 2011

waspada penipuan berkedok hadiah !!







Kalo kemarin bahas artikel orang lain, kini kita bahas pengalaman pribadiku..

Aku mau ceritain pengalamanku sama temenku di salah satu tempat perbelanjaan. Biasa kita sebut mall. Oke, gini critanya.. pas aku sama temenku maen ke mall itu, aku ditawarin nyoba produk kesehatan gitu. Akunya sih mau soalnya pas itu aku gy capek n tempat duduk uda pada penuh (critanya nih hari minggu. Kan penuh banget tuh) ya uda dech aku niatnya numpang duduk ajja xixixi.. Akhirnya aku nyoba sama temenku. Ada yang ganjil dari situ. Aneh banget.. masak mas-nya tanya “uda pernah nyoba kesini belum?” pertanyaan itu tuh diulang berkali2.. aku capek jawabnya “belum mas.e..” aku kira bentar. Cz waktu nawarin tadi mas-nya bilang cumin 5 menit kok gak lama. Eh.. malah ditawarin suruh milih hadiah karena uda jadi pengunjung. Tapi milihnya dalam bentuk undian gitu. Aku suruh temenku ajja yang ngambil. Kan dia sering hokii.. hehehe. Waw gak nyangka ternyata dapat hadiah dan hadiah itu tergolong langka lho.. dapat seperangkat alat kesehatan 3 buah. awalnya aku seneng n gak nyangka. Kayak hadiah betulan gitu, sampek2 ditelfonin manajernya segala. Pertamanya dikasih tau harga asli, habis itu ditulis harga yang harus dibayarkan buat ngabil hadiah2 itu. Dalam hati aku berkata (sma aja intinya bayar huft capek dech) mas-nya bilang “gak di lunasin sekarang gak papa deg, nantikan Tanya ortu dulu. Nah, biar hadiah gak hangus, anda kami beri surat pengikat” Trus disuruh bayar 200.000 buat uang DP-nya (dapat surat pengikat harus bayar 200.000 dulu). Waktu itu aku gi bokek. Temenku juga bokek. Jadi gak ada uang buat ngasih DP. Temenku ngasih kode aneh ke aku. Aku ndiri bingung n bertanya2.. knp kok pandangan temenku itu aneh ke aku? Eh.. ternyata temenku punya feel gak enak. Aku juga ngerasa gak enak tapi saking aku percaya sama mas-nya, feelku gak enak aku ilangin. Ya uda, mas-nya ngotot dengan cara halus buat membujuk kami biar mau ngeluarin uang 200.000. ada hal aneh disitu, kalo pun itu dirahasiakan dari pegawai kenapa kok pegawainya sok tau gitu. Kan aneh.. curigaku bertambah. Masak harga 3 produk 2.999.000 hmmm.. mnurutku sih harga itu masih mahal. Tau tuh aneh banget. Feel temenku semakin gak enak cz mas-nya kayak maksa gitu. Jujur aja ya, waktu itu aku Cuma bawa uang skitar 50.000. aku menghemat uang itu banget. Aku gak rela ngeluarin 50.000 demi alat2 itu. Bagiku 50.000 tuh uda banyak. Bisa buat beli baju. Itu alas an utamaku tuk tetep mertahanin 50.000-ku (kataku dalam hati). Tiba2 temenku nolak gitu. Trus tanda tangan buat membatalkan hadiah2 itu. Huft leganya. Waktu itu aku pengeeeeeen bgt cepet pukang cz aku nd sana uda sekitar 45 menit. BUETE ku nd sana. Dipaksa ngasih uang pisan (dengan cara halus maksanya) berhubung aku benci banget dipaksa, aku semakin yakin kalo mendingan dibatalin aja tuh hadiah.. Alhamdulillah setelah tanda tangan pembatalan, kami bebas dari mas2 itu.

Pas nyampe rumah, aku critain ke ortu soal hadiah itu. Ternyata feel temenku emang bener. Hadiah diskon yang harga awal sekitar 8 juta-an menjadi 2.999.000 itu tuh harga sebenarnya emang 2.999.000. sebenernya itu bukan diskon. Tapi penipuan !! hati-hati !! untung aja aku n temenku selamet harta, nyawa n benda (dikit lebay hehe). Temenku juga nyritain pengalaman itu ke ortunya. Eh.. ternyata tetangga temenku juga pernah kyk gitu. Bedanya tuh tetangga temenku mau ngasih uang yang 200.000 itu. Kalo kami enggak :p Alhamdulillah kami gak jadi ketipu. Hahaha..

Pesan aku, kalian jangan mau dibohongi dengan kedok dapet hadiah special dll. Karna itu bo’ong. Emang sih ntar kamu bkalan di kasih tau potongan harga. Besar lho potongannya. Namanya juga penjual, gak mau rugilah. Diskon sebesar2nya diskon tuh tetep ajja harganya uda dinaikin n baru dikasih diskon. Intinya samma ajja tau.. mahal !! jadi, berhati2lah dari segala bentuk promosi, diskon yg gedhe2. Itu mah aslinya tetep mahal kalo gak gitu ya uda barang bekas. Bagi para shopa holic, diwajibkan teliti dalam segala bentuk diskon dan potongan harga lainnya. Oia, jangan liat mata orang yang promosi cz waspada hipnotis. Kan uda marak tuh yang namanya hipnotis. Naudzubillahmindzalik.. jangan sampeek. Jangan ngasih KTP (kartu tanda penduduk) mu ke orang itu. Bisa aja dia ntar dating kerumahmu buat nawar2 (kayak sales gitu). Emang kamu mau dipaksa sales??

Semoga pengalaman kami bias bermanfaat.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates